Time Management

Semua orang punya durasi waktu yang sama dalam satu hari yaitu 24 jam
Time management adalah bagaimana usaha kita membuat 24 jam itu berarti buat hidup kita

Image result for time management

..................................................................................................................................................

Pasti kalian pernah denger istilah dengan Time Management
Salah satu skill yang paling dibutuhin di era yang serba cepat ini

Manajemen waktu merupakan hal yang tidak boleh diabaikan
oleh seseorang yang ingin membangun bisnis
bahkan harus menjadi pondasi utama untuk mencapai target.

Time management is skill not gift
Artinya semua orang bisa melakukannya dengan baik

So let's check tips about how to do it !

1. Buat planning kegiatan secara berkala

Perencanaan bisa dibilang adalah bagian paling penting dalam time management
Dengan semakin berkembangnya teknologi,
Perencaan schedulling time kini jadi semakin mudah, bisa dilakukan di smartphone.
Mulai membuat kegiatan harian secara detail lalu berkala menjadi mingguan
Buat pembeda antara jenis kegiatan satu dan yang lain
sehingga kita bisa notice saat melakukan pengecekan kedepannya

2. Perpaduan jadwal yang seimbang

Jadwal yang ideal adalah yang mencakup seluruh jenis kegiatan yang memiliki fungsi
yang berbeda beda untuk hidup kita.
at least, pastikan bahwa dalam satu hari terdapat 5 jenis kegiatan ini
  • Kebutuhan :
    Kegiatan dasar yang kita butuhkan seperti makan, minum, tidur,waktu perjalanan 
  • Kewajiban
    Kegiatan yang menjadi tanggung jawab dalam hidup seperti meeting, kuliah, kerja 
  • Self improvement
    Kegiatan untuk memberikan personal development pada diri kita
    Seperti refleksi, kegiatan inspirasi, membaca buku, mendengarkan podcast, dll
  • Rasa Syukur
    Kegiatan yang ditujukan untuk menunjukan rasa syukur dan empati
    Seperti giving back ke orang tua, beribadah, berinteraksi dengan tetangga 
  • Self Happines
    Kegiatan yang berguna untuk mengembalikan mood dan kebahagiaan diri
    Seperti melakukan hobi, main game, Jalan jalan, dll. 
3. Membuat skala prioritas

Akan ada saatnya dimana kegiatan yang ingin dikerjakan berada dalam waktu yang sama atau berdekatan namun berlokasi di tempat yang cukup jauh.
Sehingga skala priotitas menjadi hal yang harus dijalankan

Coba untuk mengklasifikasikan menjadi 4 level urgensi dalam kegiatan
  • Penting dan mendesak 
  • Penting tetapi tidak mendesak 
  • Mendesak tapi tidak penting 
  • Tidak tidak mendesak dan tidak penting 
4. Delegasi

Sejalan dengan tips sebelumnya
Ketika ada beberapa kegiatan yang mungkin
tidak mengharuskan anda berada disana
Saatnya untuk melakukan delegasi kepada team anda
Ingat
Do and work hanya untuk sesuatu yang memang harus anda yang mengerjakan

5. Efektif in a limit time

Terkadang ketika kita sudah melakukan time management dengan baik
Ada beberapa faktor yang dapat menjadi distract dari rencana yang sudah dibuat
seperti klien yang datang terlambat, traffic jam, dan berbagai faktor lainnya
Menjadi efektif menjadi sebuah keharusan
Efektif
Memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik baiknya untuk mengcover waktu yang hilang
Ketika durasi meeting 2 jam terpaksa hanya menjadi 1 jam,
maka 1 jam yang ada harus bermanfaat seperti durasi 2 jam meeting.
Istilah ini dinamakan energy management sebagai hal yang membantu time management

For the last
There is no "start at the right moment"
but we have to start to do it and make right moment by ourselves

So
Ready to make one?
Thank you guys for Read my Blog
I’ ll see u in another post
Peace and stay curious !

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Al Waliy

Al Hafidz

Al Khafidh