Manfaat tersembunyi dari Olahraga

Semua orang pasti mengetahui bahwa olahraga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan stamina, dan memberikan gaya hidup yang lebih sehat. Olahraga menjadi hal yang sangat sulit dilakukan pada lingkungan yang berkembang saat ini ditengah kesibukan yang sangat padat. Namun, yang mungkin tidak Anda ketahui adalah peningkatan aktivitas fisik hanya beberapa kali seminggu ini, ternyata mampu memberikan pengaruh positif dalam aktifitas lain Anda, mulai dari kantor hingga ke kamar tidur. Berikut akan dibahas mengenai manfaat lain dari olahraga yang mungkin belum anda ketahui


















Olahraga akan Meningkatkan Kapasitas Otak


“Berolahraga meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak”, begitu kata David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat. Serotonin adalah hormon di otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mencakup pengatur stabilitas emosi, pemahaman dan nafsu makan. Jadi orang yang melakukan olahraga dengan jumlah cukup akan menemukan produktivitas mereka meningkat. Produktivitas seseorang tidak hanya berarti orang tersebut dapat memberikan kualitas kerja yang baik, namun ia juga dapat memberikan kontribusi untuk suasana kerja yang bahagia di tempat kerja.



Berolahraga akan Membina Hubungan


Berolahraga meningkatkan hubungan anda dengan orang lain. Jika hal itu dilakukan bersama keluarga, anda akan merasakan lebih dekat dengan mereka. Hal ini juga berlaku jika anda berolahraga bersama dengan teman-teman anda. Selain itu, sangat mungkin bahwa anda mendapatkan teman-teman baru melalui berolahraga. Selain itu, orang-orang yang mencoba untuk mengurangi berat badannya, benar-benar membutuhkan dukungan dari teman-teman agar usahanya tersebut berhasil.



Membuat Anda menjadi lebih produktif


Atasan selalu menyukai karyawan yang berolahraga karena olahraga membantu meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Penelitian telah menunjukkan bahwa pekerja yang berolahraga memiliki performa lebih baik pada jam-jam akhir di hari kerja dan lebih baik dalam memecahkan masalah yang kompleks. Akhirnya, olahraga mengurangi waktu yang dihabiskan di luar kantor karena keluhan sakit.



Menggerakkan Tubuh Membantu Mencairkan Stres Anda


Berolahraga memberikan efek relaksasi yang baik untuk semua orang. Itu sebabnya ketika seseorang mulai berlatih, dia akan segera mengetahui bahwa hal itu akan mengurangi stres dan membuatnya menjadi pribadi yang lebih bahagia. Atkinson mengatakan bahwa ketika seseorang bahagia, efeknya tidak hanya menguntungkan orang itu sendiri. Kondisi ini menyebabkan orang tersebut menjadi tidak mudah marah, dengan demikian, meningkatkan kualitas hubungan dengan rekan-rekan kerjanya, keluarga dan orang lain.


Salah Satu Bentuk Sosialisasi

Kegiatan olahraga dapat menjadi alasan timbulnya interaksi antara manusia dari berbagai latarbelakang, berbagai ras dan berbagai Negara. Terlebih kegiatan olahraga yg dilakukan secara berkelompok atau beregu dalam sebuah kompetisi. selain itu dalam hal ini kesehatan anak juga akan membuat dan melatih anak-anak mempunyai watak sosial, terlepas dari karakter olahraga yang individu atau olahraga berkelompok. Dengan memiliki teman dalam satu kelompoknya, anak-anak bisa memahami adanya perbedaan, persaingan, persahabatan, kemenangan, dan kekalahan, serta bisa menyikapi secara dewasa semua hal yang terjadi pada dirinya








Sumber :
http://www.akuinginsukses.com/10-fakta-tentang-manfaat-berolahraga
http://malezones.com/artikel/5-manfaat-tersembunyi-dari-olahraga
http://cardiacku.blogspot.com/2012/11/manfaat-faedah-olahraga

Comments

Popular posts from this blog

Al Waliy

Al Hafidz

Al Khafidh