Setu Babakan : Negeri Betawi di Selatan Ibu Kota

Siapa bilang berwisata harus ke tempat yang jauh dan mahal ?
Ternyata di sekeliling kita banyak tempat tempat menarik yang bisa kita nikmati tanpa harus mengeluarkan tenaga dan biaya yang banyak.

Nah bagi kalian warga Jakarta Selatan, yang ingin mencari hiburan lain diluar jalan ke kemang, ke mall mall, atau nonton konser yang rata rata perlu merogoh kantong lumayan dalam. Ternyata ada loh wisata edukasi murah meriah di pinggiran kota Jakarta Selatan.
Tempat ini bernama SETU BABAKAN...

Buat kalian yang belum tau
Perkampungan Setu Babakan adalah sebuah kawasan pedesaan yang lingkungan alam dan budayanya yang masih terjaga secara baik. Tempat ini merupakan pusat perkampungan budaya betawi yang merupakan budaya asli dari kota Jakarta. Wisatawan yang berkunjung ke kawasan cagar budaya ini akan disuguhi panorama pepohonan rindang yang akan menambah suasana sejuk dan tenang ketika memasukinya. Di kanan kiri jalan utama, pengunjung juga dapat melihat rumah-rumah panggung berarsitektur khas Betawi yang masih dipertahankan keasliannya

Yang tak kalah menarik, di perkampungan ini juga banyak terdapat warung yang banyak menjajakan makanan-makanan khas Betawi, seperti ketoprak, ketupat nyiksa, kerak telor, ketupat sayur, bakso, laksa, arum manis, soto betawi, mie ayam, soto mie, roti buaya, bir pletok, nasi uduk, kue apem, toge goreng, dan tahu gejrot.

Wisatawan yang berkunjung ke Setu Babakan juga dapat menyaksikan pagelaran seni budaya Betawi, antara lain tari cokek, tari topeng, kasidah, marawis, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong, dan ondel-ondel yang sering dipentaskan di sebuah panggung terbuka berukuran 60 meter persegi setiap hari Sabtu dan Minggu. Selain pagelaran seni, pengunjung juga dapat menyaksikan prosesi-prosesi budaya Betawi, seperti upacara pernikahan, sunat, akikah, khatam Al-Qur‘an, dan nujuh bulan, atau juga sekedar melihat para pemuda dan anak-anak latihan menari dan silat khas Betawi, Beksi.

Yang menjadi luar biasa adalah kita dapat menikmati semua hal tersebut dengan hanya cukup mengeluarkan uang sebesar 2000 - 5000 saja. Sebuah angka yang sangat kecil untuk fasilitas yang begitu banyak ditawarkan tempat ini. Tidak heran Setu Babakan terutama saat weekend selalu ramai diminati oleh pengunjung dari berbagai asal dan kalangan

Nah daripada penasaran...
Silahkan datang ke Setu Babakan dan rasakan sendiri fasilitas yang diberikan.
Bermain, belajar, sambil berusaha melestarikan kebudayaan indonesia


















Sumber : https://setubabakan.wordpress.com 


Comments

Popular posts from this blog

Al Waliy

Al Hafidz

Al Khafidh