Asmaul Husna : Sebaik baiknya Karakter


Manusia normal biasanya menyukai sifat sifat terbaik seperti jujur, terpercaya, dermawan, ramah, dan santun serta membenci sifat sifat buruk seperti dusta, khianat, kikir, pemarah, dan kasar. Hal ini bersifat universal dan melewati sekat sekat agama, bangsa, ras, dan golongan. Seluruh manusia pasti mengakui dan menyukai sifat sifat tersebut. Hal ini bukan karena perjanjian yang dibuat seperti kontrak kontrak dan agrement pada umumnya, akan tetapi pengakuan tersebut berasal dari suara hati manusia yang pada dasarnya juga bersifat universal.


Mengapa orang orang menyukai sifat yang baik?
Suara hati atau nurani adalah pancaran dari sifat sifat ilahi yang telah di "instal"kan ke dalam tubuh manusia. Sumbernya adalah satu yakni Tuhan Yang Maha Esa. karena itu, sifat sifat tersebut mempunyai keterikatan yang erat. Seperti ada gaya gravitasi, selalu tertarik dengan sifat sifat terbaik yang dimiliki seseorang. Hal ini terjadi karena sifat terbaik itu sebenernya juga ada di dalam diri kita. Ia beresonansi ketika menyaksikan sifat itu pada orang lain

Jauh sebelum teori- teori modern mengungkap sifat-sifat terbaik bagi kesuksesan manusia, Allah telah menerangkan bahwa dalam diri manusia ada sifat sifat tersebut yang "dihembuskan-nya". Untuk "memahami" sifat- sifatnya itu Allah memperkenalkan melalui sifat sifat yang dimilikinya. Sifat sifat tersebut terungkap dalam Al-quran. Inilah yang disebut dengan  Asmaul husna atau nama nama yang baik.

Untuk mengerti bagaimana cara kita supaya bisa menguasai sifat tersebut.
Tunggu postingan Selanjutnya

God bless






Sumber : Asmaul Husna for Succes in Business & life, Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec, 2009, Jakarta

Comments

Popular posts from this blog

Al Waliy

Al Hafidz

Al Khafidh