Al Muntaqim


A.    Makna Kebahasaan Al Muntaqim
Asal kata ini bermakna “menolak”, “menentang”, “mengingkari”, atau “menyalahkan sesuatu”. Namun ulama mengartikan sifat ini untuk mengartikan Allah sebagai “Yang Maha Penyiksa Pihak yang Bersalah Demi Keadilan)

B.     Pesan Sosial – Ekonomi Sifat  Al Muntaqim
1.      Takut terhadap azab Allah
Takut tehadap Allah merupakan cermin dari pribadi yang cerdas dan bijaksana. Karena Allah lah yang menentukan nasib kehidupan manusia, baik di dunia terlebih lebih di akhirat. Dengan dilandasi hal ini, kita akan senantiasa berusaha untuk melaksanakan segala perintahnya karena Allah pasti akan membalas semua itu.
2.      Takut dan Berani berlandaskan Allah
Menunjukan rasa takut hanya kepada Allah berdampak pada tumbuhnya keberanian dalam menjalani hidup dan menegakan kebenaran. Keberanian ini akan menghantarkan manusia menjadi pribadi yang mulia dan terhormat di hapadan makhluk dan di hadapan-Nya.

C.     Sumber Landasan Sikapa dan Mental
·         Menjadikan ancaman Allah sebagai cambuk untuk selalu memperbaiki diri dan terdorong melakukan perbuatan terpuji

·         Rasa takut kepada Allah menjadi sumber kekuatan untuk tidak takut menjalani kehidupan dan kehilangan yang dimiliki di dunia ini karena semuanya milik Allah.

Sumber :
Asmaul Husna for Succes in Business & life, Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec, 2009, Jakarta

Comments

Popular posts from this blog

Al Waliy

Al Hafidz

Al Khafidh